Jounal Belajar Ekologi Tumbuhan (Hasil Resume)

RESUME PERSENTASI KELOMPOK II ( TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN )
BY : HENDY DESNIKO (201010070311082)

Konsep utama yang perlu kita ketahui terlebih dahulu :

  • Lingkungan abiotik (nonliving) contohnya air, cahaya,tanah,suhu dll
  • Lingkungan biotik (living) seperti tumbuhan maupun hewan
  • Faktor pembatas = batasan-batasan organisme dalam menerima komponen dari lingkungan seperti kadar intesitas cahaya, jumlah air, suhu, komponen struktur tanah
  • Lingkungan makro = lingkungan yang mempengaruhi organisme dalam kawasan regional (umum / luas)
  • Lingkungan mikro = lingkungan yang mempengaruhi organisme dalam kawasan spesifik (bisa dari dalam tubuh organisme itu sendiri)
  • Nisia/ Niche = Cara hidup, fungsi dan peranan suatu organisme di suatu habitat / tempat hidupnya
  • Adaptasi = Penyesuaian diri organisme terhadap lingkungannya. Baik adaptasi secara morfologi maupun fisiologi
  • Abaptasi = Kesulitan yang dihadapi organisme dalam menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan (tidak dijelaskan oleh pemateri)
  • Stress = kondisi lingkungan yang dapat memberi pengaruh buruk terhadap organisme
  • Indikator ekologis = alat ukur alam dimana organisme dapat tidaknya bertahan pada kondisi lingkungan tertentu.

Seperti yang telah kita ketahui lingkungan hidup dapat meliputi faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik tersusun atas komponen-komponen anorganik(non living) seperti : suhu, cahaya, air, tanah dll. Sedangkan komponen biotik tersusun atas komponen-komponen organik(living) seperti : hewan, tumbuhan. Lingkungan-lingkungan ini yang mempengaruhi keberadaan organisme. Baik secara regional (lingkungan makro) maupun secara spesifik/khusus (lingkungan mikro).

Faktor abiotik seperti cahaya, suhu, air dan tanah dapat mempengaruhi keberadaan organisme.Mengapa demikian? karena setiap organisme memiliki batasan-batasan yang berbeda-beda dalam menyerap cahaya, ketahanan terhadap suhu, daya serap molekul air maupun komponen struktur tanah (pH, terkstur dll) sebagai tempat hidupnya.Contohnya pada tanaman berhari panjang yang dapat menyerap cahaya lebih lama dibandingkan tanaman berhari pendek.

Ada beberapa cara yang dilakukan tanaman dalam mempertahankan eksistensinya terhadap lingkungan dari cara adaptasinya. Ada yang mampu beradaptasi pada lingkungan kering (xerofit) contohnya kaktus yang mengurangi laju evapotranspirasi dengan mengecilkan daunnya. Ada juga yang mempu beradaptasi terhadap lingkungan basah / berair (hidrofit) contihnya teratai yang mempercepat laju evapotranspirasi dengan memperlebar daunnya / area transpirasi.Tetapi ada yang yang mengalami kesulitan atau dikenal dengan nama abaptasi. Kesulitan yang mengarah kepada ketidakmampuan akan menyebabkan organisme itu(tumbuhan) mati. Biasanya sebelum mati, tumbuhan mengalami stress, misalnya dengan menampakkan ciri khas daunnya yang berubah menjadi kuning, batang lemas / tidak kaku.

Terkait dengan adaptasi, tumbuhan memiliki niche yang spesifik dengan tumbuhan lain yang tidak sejenis maupun dengan organisme lain. Cara hidup, fungsi, dan peranannya pun berbeda. Misalnya Tumbuhan mangga menjadi sarang untuk serangga merah (peranan bagi lingkungan) dan memberi gas O2 bagi organisme lain. Disisi lain serangga menjadi makanan burung yang bertengger (terjadi rantai makanan). Artinya cangkupan nisia sangatlah luas bukan hanya cara hidup, peranan, melainkan juga hubungannya terhadap organisme lain (rantai makanan dll).

2 responses to “Jounal Belajar Ekologi Tumbuhan (Hasil Resume)

  1. haha😀
    yang bunyi itu pengecualian😛
    itu masuk faktor abiotik tapi tidak cocok jika dikaitkan dengan tumbuhan khususnya difaktor pembtas.. sehingga saia tidak memasukkannya,,😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s