Jurnal Belajar (Hasil Resume Refleksi2)

Hasil Refleksi Dari Materi Presentasi Kelompok 3
(PENGARUH CAHAYA DAN SUHU TERHADAP PROSES PERTUMBUHAN TANAMAN(LINGKUNGAN ABIOTIK).

by :  Hendy Desniko (201010070311082)

Presenter atas nama Veni  menjelaskan tentang fotoperiodisme (respon tumbuhan terhadap lama penyinaran) disatu sisi ada seorang penanya atas nama fitri yang masih bingung terhadap fotoperiodisme, yakni pada tumbuhan jati yang mengalami pengguguran daun. Apakah tumbuhan jati ini terganggu fotoperiodismenya?. Disini Veni menjelaskan bahwa tumbuhan tidak terganggu fotoperiodismenya meskipun daunnya hilang atau gugur. Sedikit penambahan yang dilakukan pak Husamah, bahwa peristiwa gugurnya tanaman jati adalah proses fotoperiodisme itu sendiri.
Menurut saya pribadi fotoperiodisme itu cangkupannya sangat luas, bukan hanya melihat dari lama penyinarannya saja tetapi juga melihat apa yang dilakukan tumbuhan guna mempertahankan kondisinya dalam menerima intensitas cahaya matahari. Tumbuhan jati melakukan pengguguran daun guna mengurangi evapotranspirasi karena intensitas cahaya yang ia terima berlebihan. Fisiologis dalam pengguguran daun ini  termasuk fotoperiodisme J

Kembali merenungkan pernyataan dari saudari prieska, penanya atas nama susan merasa ambigu mendengar kata poikilotermik dan stenotermik pada materi yang disampaikan. Menurut saya pemateri jelas kurang mempelajari maksud dari poikilotermik dan stenotermik karena kedua substansi ini malah dikaitkan dengan hewan. Seharusnya pemateri lebih mengkaji maksud poikilotermik dan stenotermik di materinya. Poikilotermik dan stenotermik berhubungan dengan Suhu dan pertumbuhan, Suhu dan produktivitas, Thermoperiodisma serta Vernalisasi pada tumbuhan.

Disini pemateri banyak mengalami kesalahan dalam penuturan kata sehingga para mahasiswa juga miskonsepsi dan bingung.  Meskipun demikian pada akhirnya semua mahasiswa yang ada dikelas dapat memahami isi materi dari kelompok ini.

Hasil Refleksi Dari Materi Presentasi Kelompok 4
(ATMOSFER dan AIR)

by :  Hendy Desniko (201010070311082)

Materi ini cukup menarik, namun ada beberapa hal yang sedikit membingungkan saya sendiri karena penuturan konsep yang salah dari pemateri.
Saudari Ika tanpa disadari menjelaskan konsep yang salah mengenai tumbuhan mesofita. Karena saya bingung saya hanya minta klarifikasi dan penjelasan ulang. Saudara ika mengatakan bahwa mesofita merupan tumbuhan yang memiliki toleransi terhadap kondisi ekstrim. Hal ini membuat pertanyaan baru di benak saya. Apa ekstrim itu? Apa mesofita itu terbagi lagi menjadi xerofit, thermofit dan semacamnya? . Karena jika ditinjau kondisi ekstrim merupakan kondisi yang dimana ada satu unsur yang menonjol / mendominasi di lingkungan dan hanya organisme tertentu saja yang dapat hidup.Setelah diklarifikasi pernyataannya berubah menjadi Mesofita merupakan tumbuhan yang memiliki toleransi terhadap kondisi lingkungan yang tidak ekstrim. Bisa disimpulkan kata “TIDAK” disini fatal sekali jika dikatakan. Jadi untuk para pemateri kedepannya bisa lebih mempersiapkan diri.

Saudara teti ariyanti juga menayakan tentang hubungan atmosfer dengan tumbuhan. Pemateri disini bisa menjawab dengan baik. Karena jelas komponen penyusun atmosfer merupakan gas-gas yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Tetapi muncul permasalahan
jika atmosfer bocor apa yang akan terjadi pada tumbuhan?
Mungkn maksud dari saudara teti adalah jika lapisan ozon yang ada pada kawasan statosfer mengalami penipisan atau kebocoran. Tentunya kondisi menyebabkan kurang optimumnya fungsi dari lapisan ozon itu sendiri. Berdasarkan sumber yang say abaca lapisan ozon untuk menahan sinar UV dari matahari. Jika lapisan ini rusak/menipis/bocor, bisa disimpulkan sinar UV masuk ke lapisan bumi tanpa ada filter dari lapisan ozon. Hal ini bukan hanya menyebabkan tumbuhan jadi sulit beradaptasi tetapi proses global warming juga terjadi.

Kelompok 3 dan 4 sudah mencoba menampilkan yang terbaik meskipun ada beberapa kesalahan dalam penuturan kata yang menyebabkan miskonsepsi dan penjelasan yang sedikit kurang dapat dipahami oleh mahasiswa.

Prediksi untuk kedepan : Kelompok yang akan tampil akan membahas Faktor edafik (tanah) Faktor edafik (tanah), Topografi, Faktor lingkungan biotik dan interaksinya, POPULASI. Materinya cukup menarik tapi jika presenter tidak dapat memahami dengan baik apa isi materinya. Hal-hal seperti kelompok sebelumnya akan terjadi kembali.🙂

Trims..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s