Jurnal Belajar (Hasil Resume Refleksi3)

Hasil Refleksi Dari Materi Presentasi Kelompok 5
(Faktor edafik (tanah) Faktor edafik (tanah), Topografi, Faktor lingkungan biotik dan interaksinya).

by :  Hendy Desniko (201010070311082)

 

Saudari Indri menanyakan  semakin tinggi tingkat kedalaman tanah  semakin sedikit jumlah organisme yg ditemukan, mengapa demikian?

Ayun menjawab ketersediaan oksigen maupun unsur-unsur mineral itu terdapat pada lapisan-lapisan atas yakni horizon O,A,E,B jadi hanya pada daerah ini organisme ditemukan.
Menurut pendapat saya, apa yang dikatakan ayun benar. Logikanya tiada makhluk hidup yang mampu hidup tanpa adanya nutrient. Sedangkan nutrient baik berupa unsur-unsur mineral, garam dll hanya ditemukan pada lapisan tanah bagian atas yakni horizon O,A,E dan B.

Dimas Widya menayakan apa perbedaan kandungan tanah pada setiap lapisan berbeda?

Neni menjawab ya, berbeda pada lapisan O mengandung humus, dll. Menurut saya pribadi,ada kesamaan dan perbedaan. Pada lapisan atas memang banyak mengandung humus, artinya unsur-unsur organik banyak terdapat pada lapisan atas. Lapisan dibawahnya mengandung unsur-unsur yang terpendam dari lapisan atas dan beberapa diantaranya berupa hasil penguraian dari mikroba. Komponennya dapat berupa garam, unsur-unsur mineral organik maupun anorganik.

 

Beberapa saat kemudian saudara hatta bertanya a sampai kapan air dapat menembus tanah? Disini saya sendiri (Hendy) menjawab bahwa air akan tetap menembus tanah sampai pada lapisan tanah tembus air dan berakhir diatas lapisan tanah kedap air. Biasanya kumpulan air diatas lapisan kedap air dimanfaatkan untuk membangun sumur.

 

 

Hasil Refleksi Dari Materi Presentasi Kelompok 6
(POPULASI)

by :  Hendy Desniko (201010070311082)

Dista Ariyani menanyakan faktor yang mempengaruhi suatu grafik sehingga menimbulkan pola grafik eksponensial dan sigmoid?

Saudari fitri menjawab ekponensial terjadi jika predator sedikit, nutrient banyak sehingga populasi pada daerah tersebut terus meningkat.Sedangkan grafik  sigmoid terjadi jika pertumbuhan terjadi secara lambat, dan penurunan jumlah populasi ketika tidak tersedianya apa yg dibutuhkan oleh spesies,seperti minimnya nutrient dan pertumbuhan terjadi jika tersedianya nutrient dan ketika tejadi persaingan antar spesies trjadi penurunan jlmh populasi karena akan ada populasi yang tereliminasi
Saya sependapat dengan saudari fitri. Populasi akan meningkat jika segala unsur pendukung peningkatan spesies seperti makanan, minimnya pesaing, minimnya predator berada dalam lingkungan itu. Sedangkan sigmoid dapat terjadi jika kondisi lingkungan tidak stabil, misalnya nutrient pada awal pertumbuhan dapat ditemukan tetapi ketika muncul pertumbuhan yang unlimited terjadi persaingan dalam memperoleh makanan. Maka grafik akan turun karena ada beberapa spesies yang mati. Grafik akan naik kembali jika nutrient melebihi dari kebutuhan populasi, dan menurun kembali jika ada predator maupun persaingan antar individu

 

Chasan bertanya potensi penyebaran biotik tidak diterangkan, mohon di jelaskan !

Menurut pemateri potensi penyebaran biotik sudah masuk kedalam mortalitas, natalitas, fertilitas. Dilihat dari perspektifnya penyabaran biotik lebih kearah umum, sedangkan mortalitas, natalitas dan fertilitas sudah secara spesifik.

 

 

Kelompok 5 dan 6 sudah tampil cukup baik dilihat dari graduasi warna dalam powerpoint dan materinya cukup dapat dipahami bagi para pembaca. Kekurangannya terdapat pada presenter, hanya beberapa presenter saja yang menguasai materi

Prediksi untuk kedepan : Kelompok yang akan tampil akan membahas KOMUNITAS (VEGETASI) dan METODE ANALISIS VEGETASI. Diusahakan agar semua presenter dapat menguasai materi.

Trims..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s