Jurnal Belajar (Hasil Resume Refleksi4)

Hasil Refleksi Dari Materi Presentasi Kelompok 7
(KOMUNITAS).

by :  Hendy Desniko (201010070311082)

Pada minggu ini kelompok 7 yang bertugas dalam mempresentrasikan materinya yakni KOMUNITAS. Penampilan cukup baik yang diberikan oleh pemateri meskipun saya tidak berada di ruang kuliah sepenuhnya. Meskipun demikian, ada hal yang menarik ketika saya kembali kedalam kelas. Ada nuansa lain, ruangan menjadi sedikit “panas”.Mungkin dari pertanyaan yang ditujukan oleh Martha Noor Laila dan Nani Kusmiati. Saudari Martha menayakan tentang “Interaksi antar organisme dalam komunita dimana ada interaksi yang sangat erat dan ada yang tidak, bagaimana penjelasan yang bisa anda berikan” Menurut kelompok 7 pada hubungan yang erat yaitu suatu organisme tersebut saling membutuhkan, contohnya pada organisme harimau memangsa kijang dimana si harimau membutuhkan kijang untuk kelangsungan hidup (Predasi). Sedangkan pada hubungan yang tidak erat adalah suatu hubungan organisme yang merugikan pada organisme tersebut. Biasanya terjadi simbiosis parasitisme seperti pohon yang ditumpangi benalu dimana benalu ini dapat menghambat pertumbuhan pohon tersebut.Menurut saya dekat tidaknya suatu hubungan antara organisme satu dengan lainnya adalah dari proses  rantai makanan. Sedangkan hubungan yang kurang erta yakni pada simbiosis parasitisme.

 

Setelah beberapa saat kemudian, muncul pertanyaan dari saudari Nani tentang formasi, asosiasi dan ekoton. Pemateri berusaha menjawab dengan baik meskipun jawaban dari pemateri terlalu berbelit-belit. Saudari lisa menjawab bahwa formasi adalah penempatan pada lingkungannya. Asosiasi lebih kepada hubungan antara organisme satu dengan yang lain dalam kelangsungan hidupnya dan memiliki tantangan. Disini saya sedikit menambahkan tentang ekoton, secara konseptual ekoton merupakan pertemuan antara dua komunitas yang berbeda dan menunjukkan sifat yang khas (batasan komunitas) missal ada daerah yang subur lalu terpisah akibat lava. Kemudian terbentuk komunitas baru didaerah lava yang sudah dingin. Daerah yang berada diantara komintas lama (yang tidak terkena lava) dengan komunitas baru (pada daerah lava) adalah komunitas batasan/ekoton.
Kelompok 7 terlalu banyak memakan waktu sehingga kelompok 8 tidak dapat mempresentasikan materinya minggu ini. Saran untuk kedepannya, kondisikan waktu sebaik-baiknya, efisiensi waktu adalah salah satu yang menentukan presentasi dikatakan baik atau tidak.

Prediksi untuk kelompok 8, materinya tentang analisis vegetasi. Jika kelompok 8 tidak memahami dengan baik maka, kemungkinan miskonsepsi dapat terjadi. Jadi kelompok 8 harus menguasai materi dan memahaminya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s